5 PTN terindah, kampus terbaik se-Indonesia

Jakarta – Lingkungan kampus yang asri juga menjadi fasilitas penunjang bagi mahasiswa.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Lingkungan yang asri tercermin dari banyaknya taman dan ruang hijau di area kampus.

Jadi di mana PTN terbaik ?

Berikut ini ringkasannya.

PTN Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

UI adalah kampus terhijau di Green Metric versi 2021. UI memiliki banyak taman hijau yang indah. Salah satunya terletak di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI.

Seperti dikutip dari situs resmi UI, FCS memiliki area terbuka untuk belajar dan kegiatan outdoor lainnya di area Umbrella.

Ada banyak tempat yang dikelilingi oleh tanaman hijau yang indah diwarnai dengan mekarnya bunga-bunga indah.

Kondisi taman-taman di UI akan terus terjaga karena seluruh civitas akademika sadar untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan fasilitas yang lebih memadai akan ditingkatkan.

Terdapat juga tempat sampah di berbagai sudut, yang memisahkan sampah organik dan non-organik.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM memiliki taman kearifan yang dikenal dengan Wisdom Park. Mengutip dari situs resmi UGM, Wisdom Park memiliki luas 6 hektar dan sering digunakan untuk berbagai kegiatan.

Fasilitas di Taman UGM antara lain musholla, toilet, rumah kaca, lampu taman, kursi taman, penanam dan taman vertikal, serta dermaga apung, anjungan pandang, dan forest walk di kawasan Danau Hikmah.

Taman ini terbuka untuk umum.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

PTN terindah kedua adalah IPB. IPB memiliki Arboretum Lanskap oleh IPB.

Menurut situs resminya, tempat ini dikelilingi oleh jalan raya, arboretum sendiri berfungsi untuk menyerap polusi udara.

Keberadaannya sebagai jalur hijau atau green belt antara area outdoor yang padat penduduk dan jalur lalu lintas yang padat dengan area di dalam kampus didukung oleh keragaman vegetasi yang tinggi dan kondisi tapak yang masih utuh.

Kenyamanan yang tercipta dengan adanya landscape arboretum ini tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, namun juga dapat meningkatkan produktivitas sivitas akademika IPB.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB memiliki taman bersejarah. Taman bersejarah ini dibangun untuk menghormati J.W. Ijzerman dan taman ini dikenal sebagai Taman Ijzerman.

Ijzerman Park memiliki desain ala Indian Tropical Park, yaitu ide lanskap tropis Priangan yang dibuat oleh Bandoeng Vooruit Group.

Desain taman ini dipengaruhi oleh taman bergaya Prancis dan Italia dari Abad Pertengahan sebelum Renaissance. Taman yang saat ini bernama Taman Ganesha ini secara spasial merupakan bagian dari kampus ITB.

Ganesha Park juga terbuka untuk umum.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Salah satu taman hijau di UB ada di Fakultas Informatika (Filkom).

Taman tersebut bernama Wiyata Adnyana dan didirikan pada tahun 2021.

Taman ini digunakan sebagai ruang publik yang teduh, teduh dan nyaman bagi mahasiswa. Biasanya siswa menggunakannya untuk berdiskusi, bersantai atau berkreasi.

Nantinya juga akan disediakan videotron atau layar panel menggunakan teknologi pencahayaan LED dengan ukuran yang lebih besar, serta kegiatan edukasi seperti kuliah tamu, video pengajaran oleh dosen dan kegiatan di FILKOM UB juga akan ditayangkan.

Demikianlah PTN terindah di Indonesia.

Apakah kampus impianmu ada, detik.com?

Tinggalkan komentar