Perbedaan antara headset dan headphone

 

 

Mungkin kita sering salah menyebut nama antara headset dan earphone. Padahal, keduanya sama-sama aksesoris ponsel yang fungsinya untuk mendengarkan audio. Padahal, sebenarnya keduanya berbeda.

 

Nah, itulah perbedaan headset dan earbud yang perlu kamu ketahui. Baca lebih lanjut di bawah ini.

 

  1. Headphone

Sepintas, headset menyerupai headphone. Tapi sebenarnya itu berbeda. Perbedaannya terletak pada built-in microphone.

 

Headset itu sendiri merupakan kombinasi dari fitur mendengarkan audio dan berkomunikasi/berbicara. Biasanya, headset digunakan untuk panggilan video, game interaktif, dan tidak ada gangguan.

 

  1. Headphone

Berbeda dengan headset, earphone, bentuknya agak kecil. Untuk menggunakannya, cukup letakkan di telinga Anda. Headphone juga sangat nyaman, mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Kualitas audio yang dihasilkan oke, tapi tidak kalah dengan suara headset.

 

  1. Bebas genggam

Selain dua perangkat yang disebutkan di atas, ada juga handsfree. Ini juga untuk mendengarkan audio. Namun bentuknya lebih kecil dari headphone. Speakerphone memiliki tombol mikrofon dan tombol fungsi.

 

Biasanya, handsfree digunakan ketika pengguna ingin berkomunikasi tanpa harus memegang ponsel. Tombol fungsi ini dapat menjawab dan mengakhiri panggilan. Dan dapat memutar musik atau audio yang sedang didengar.

 

Ada dua jenis speakerphone. Yaitu handsfree yang terhubung dengan kabel dan handsfree yang terhubung tanpa kabel (nirkabel) melalui Bluetooth.

 

Jadi inilah perbedaan antara headset dan headphone. Mungkin berguna.

 

Tinggalkan komentar

Exit mobile version